Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa

MoeztroSejarah Perkembangan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa - Hai sobat blogger, tak terasa Perkembangan jaman Bergerak begitu cepat, dulu kita (manusia) kesulitan berkomunikasi dari jarak jauh tetapi jaman sekarang kita sangat mudah untuk berkomunikasi baik itu Lewat Handphone (HP) , E-mail , dan Masih banyak lagi sarana untuk berkomunikasi, Sehingga manusia jaman sekarang tak lepas dari barang elektronik. tetapi kurang afdol rasanya kalo kita cumah bisa makenya aja tanpa mengetahui sejarah dari Perkembangan Alat komunikasi ini, Berikut ulasan singkat beberapa Alat komunikasi Dari masa ke masa :

Alat Komunikasi Konvensional :


     Alat komunikasi konvensional jauh lebih sederahan untuk alat yang digunakan. Peralatan yang digunakan pun kebanyakan dari alam.
berikut beberapa macam alat Konvensional :

A. Daun Lontar


Sejak zaman dahulu, orang memakai bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Daun lontar juga dikenal dengan nama pohon nira. Daun ini digunakan sebagai bahan kerajinan dan naskah.

B. Merpati Pos

Merpati pos adalah alat komunikasi yang menggunakan burung merpati sebagai perantara, yaitu pengantar pesan atau surat. Mengapa merpati dipilih? Sebab, burung tersebut pintar, mempunyai kemampuan mengingat yang kuat, kemampuan navigasi, serta naluri alamiah untuk kembali ke sarangnya. Metode ini pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirim pesan disekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan Merpati Pos untuk mengirim pesan ke pasukan militernya. Sementara orang Yunani menggunakan Merpati Pos untuk memberitahukan pemenang Olimpiade. Pasukan Amerika memakai Merpati Pos untuk berkomunikasi ketika perang dunia pertama di tahun 1914-1918.

C. Kentongan

Kentongan yang dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Kentongan ini dipakai untuk memberitahu warga jika telah terjadi sesuatu. Kentongan masih dipakai dalam bidang keamanan (media ronda malam) dan digunakan juga sebagai penunjuk waktu.

Alat Komunikasi Modern :

A. Telegraf

Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1838, pesan yang dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering disebut sebagai pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

B. Telepon


Penemuan telepon dipicu oleh oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. Telepon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia telephon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telepon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telepon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.

C. Telegram


Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indag biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya atau tahun baru.

D. Pager


Pager atau radia panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Sekarang mungkin sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan. Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. 

Sejak itu pager semakin berkembang. Sebelum telephon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan telepon lokal dan internasional. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. pelanggannya mencapai 800.000. namun karena harga perangkat yang terus menerus melambung pelangan pun perlahan menurun. Apalagi telah munculnya teknologi telepon seluler.

E. Surat Elektronik (E-mail)



Merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.

F. Internet


Rangkaian yang membentuk iuternet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983. ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an.

G. Telepon Genggam


Penemuan telephon genggam tak terlepas dari perkembangan radio. Berawal pada tahun 1921, Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telephon mobil satu arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang saat perang Dunia II. 
Namun, penemuan telephon genggam yang sebenarnya terjadi pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. telephon ini kemudian dikenal sebagai telephon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah kemudian muncul telephon genggam berikutnya. Tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short message service). 

Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini. Kini, teknologi telephon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan keempat (4G). teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk internet. Fitur telephon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC. 

Bahkan untuk teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. di Indonesia, teknologi telephon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).

H. Pesan Instan (Instant Messaging)



Merupakan sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), 

Google dan Microsoft (Windows Live Messenger). Bermula ketika orang-orang marak menggunakan teknologi secara online awal tahun 1990. para pengembang peranti lunak menciptakan software chat room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa mengirimkan pesan kepada setiap orang di 'room' tersebut. Tahun 1996, pesan instan ini meledak saat diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis. 

Namun AOL, menjadi pionir dalam kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.


I. Mobile Chat Messenger


Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

J. Cisco TelePresence


Cisco TelePresence adalah sebuah produk buatan Cisco Systems yang menyediakan video 1080p berdefinisi tinggi, spatial audio (efek audio 3-dimensi), dan penyetelan yang dirancang untuk menghubungkan dua ruangan yang terpisah secara fisik agar terasa seperti sebuah ruang pertemuan walaupun kedua ruangan tersebut mungkin berada di belahan dunia yang berbeda. Produk ini diperkenalkan pada Oktober 2006.


Cisco bekerja erat dengan penyedia-penyedia layanan untuk pengembangan arsitektur Cisco TelePresence antar-perusahaan. Cisco TelePresence menggabungkan audio tingkat lanjut, video berdefinisi tinggi dan alat-alat kolaborasi interaktif dengan jaringan sebagai medium untuk menghasilkan pengalaman pertemuan virtual yang menyerupai pertemuan nyata.
Banyak bagian Cisco System didapat dari perusahaan yang tidak memiliki pabrik produksi sendiri. Maka untuk produk Cisco TelePresence, 

Cisco menggandeng beberapa produsen berbeda. Mulai dari kamera dan layar plasma yang diproduksi di Jepang, hingga speaker, dan furniture yang digunakan, semuanya dibuat di tempat yang berbeda. Setiap kali ada pesanan, Cisco Systems akan mengkoordinasi proses produksi berbagai bagian tadi untuk kemudian dikirimkan ke pemesan pada saat yang bersamaan.


Cukup sekian dulu ya sob Artikel dari kami. kurang lebihnya kami mohon maaf,
Semoga Bermanfaat~

Source : KASKUS

3 Responses to "Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa"

  1. THANKS INFO NYA GAN, JANGAN LUPA KUNJUNGI WEBSITE KAMI.
    THANKS.

    ReplyDelete
  2. Artikel Tafsir bermutu gan, coba cek artikel Bagus & Jitu tentunnya..Klik link berikut ini >
    Tafsir Jitu Togel Manjur

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Di Bawah ini.

Warrning :
Harap Gunakan Kata Kata Yang Sopan & Bijak
Biasakanlah Menggunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
Jangan Berkomentar Dengan Menyangkut Suku Ras / Agama (SARA)
Jangan Berkomentar Yang Menyinggung Orang Lain